PROFIL
PROFIL
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
KONTAK
KONTAK
TRANSPARANSI KEUANGAN
TRANSPARANSI KEUANGAN
SATU DATA
SATU DATA
LAIN-LAIN
LAIN-LAIN

Bersih-bersih Bantaran Tukad Badung Dalam Kaitan Perayaan Tumpek Kandang/Tumpek Uye

Bersih-bersih Bantaran Tukad Badung Dalam Kaitan Perayaan Tumpek Kandang/Tumpek Uye

Manusia hidup dan memperoleh kebutuhan hidup dari alam lingkungan. Hubungan antara manusia dengan alam lingkungan termasuk juga segala jenis yang ada di alam seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan, maka sudah sepantasnya manusia itu berterima kasih kepada alam.

Dalam Hindu, hal tersebut direalisasikan dengan beragam bentuk persembahan dan jenis-jenis Yadnya. Persembahan yang ditujukan kepada binatang disebut dengan Tumpek Kandang.

Tumpek Kandang ini berkaitan dengan upacara korban yaitu sesajen untuk dewa-dewa, leluhur dan untuk menyucikan hewan. Tumpek Kandang atau Tumpek Uye adalah upacara persembahan kepada hewan peliharaan atau hewan ternak, selain itu makna upacara ini adalah sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena telah menciptakan binatang yang membantu semua kebutuhan umat manusia dan bermakna untuk melestarikan binatang serta menambah kesadaran umat manusia agar lebih meningkatkan kasih sayang kepada binatang dan lingkungannya. Dalam pelaksanaan Tumpek Uye, sangat penting bagi manusia untuk melestarikan dunia fauna.

Pada kesempatan kali ini seluruh staf Kelurahan Pemecutan melaksanakan kegiatan pembersihan bantaran Tukad Badung yang diikuti oleh para Kepala Lingkungan, Jumantik, Tim KBS Kelurahan Pemecutan serta masyarakat sekitar Tukad Badung dengan harapan bisa menciptakan lingkungan yang bersih sebagai upaya untuk melestarikan binatang/hewan yang berada di lingkungan Tukad Badung.

Share
Tags